favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

Tips Mengatur Keuangan Ala Wanita Zaman Now

   
Tips Mengatur Keuangan Ala Wanita Zaman Now

Tips Mengatur Keuangan Ala Wanita Zaman Now

Tips Mengatur Keuangan Ala Wanita Zaman Now
Wanita dituntut untuk selalu bisa mengatur keuangan keluarga karena mereka adalah pemimpin di rumah suaminya. Baik wanita karir maupun ibu rumah tangga, keduanya harus mampu mengelola keuangan agar setiap penghasilan yang didapatkan cukup untuk semua kebutuhan selama satu bulan. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk memiliki program keuangan yang baik dalam keluarga? Berikut beberapa tips mengatur keuangan yang bermanfaat untuk wanita zaman now.

1. Menabung Setiap Awal Bulan

Setiap kali Anda mendapatkan jatah uang bulanan dari suami, atau menerima gaji dari pekerjaan Anda sendiri sebaiknya selalu sisihkan uang untuk ditabung. Tabungan ini berfungsi sebagai dana darurat dimana jika sewaktu-waktu Anda berada dalam sebuah keadaan yang membutuhkan uang dalam jumlah tertentu maka Anda bisa menggunakannya. Tabungan ini bersifat fleksibel jumlahnya disesuaikan dengan jumlah pendapatan yang Anda peroleh. Dengan menabung di awal bulan saat jumlah uang masih ututh maka Anda akan lebih mudah mengatur kelebihan uang yang ada.

2. Kategorikan Biaya dalam Sebulan

Ada baiknya jika pendapatan yang Anda peroleh dipisah dan dikategorikan berdasarkan penggunaannya. Sisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya seperti membayar listrik di tempat yang berbeda agar Anda mudah mengaksesnya dan tidak dengan sembarangan menggunakan uang karena tiap-tiap jumlah tertentu sudah dianggarkan.

3. Buat Anggaran Belanja

Setiap akan melakukan belanja bulanan ada baiknya Anda membuat daftar belanjaan barang-barang apa saja yang akan dibeli agar tidak asal membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Lihat di rumah Anda apa saja yang perlu dibeli dan catat. Bawalah catatan belanja tersebut saat berbelanja dan segera pulang jika memang semua yang ada dalam daftar sudah dibeli. Pastikan agar semua yang perlu dibeli tercatat dalam daftar anggaran.

Salah satu tips mengatur keuangan ini sangat penting untuk dilakukan karena kebanyakan wanita sering melakukan kesalahan saat berbelanja. Mereka cenderung tertarik membeli barang-barang yang sedang diskon padahal mereka tidak memerlukannya. Oleh karena itu membuat anggaran belanja dapat mencegah Anda dari membeli sesuatu yang tidak perlu serta lebih menghemat pengeluaran.

4. Catat Pengeluaran

Apabila dirasa pendapatan bulanan Anda tidak mampu mencukupi semua kebutuhan, maka sebaiknya kaji dan cermati kembali semua pengeluaran yang harus dicukupi dalam satu bulan. Catat apa saja yang harus dibayar dan dibeli kemudian atur kembali. Kurangi hal-hal yang tidak penting misalnya anggaran makan diluar bersama keluarga atau anggaran kuota internet bulanan. Beberapa anggaran semacam itu bisa dikurangi jumlahnya karena bukan merupakan kebutuhan primer. Semua kebutuhan sekunder bisa dipangkas agar biaya bulanan tidak membengkak dan lebih besar daripada pendapatan.

5. Cari Pendapatan Tambahan

Menjadi ibu rumah tangga sambil bekerja memang bukan hal yang mudah karena Anda harus membagi waktu antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan diluar rumah. Akan tetapi bekerja tidak harus selalu diluar rumah. Anda bisa menciptakan tempat kerja di rumah dengan mendirikan sebuah home industry, berjualan online, menjadi freelancer dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus menelantarkan keluarga.

Tips mengatur keuangan untuk wanita masa kini diatas sebenarnya mudah dilakukan selama Anda sabar, tekun dan konsisten. Mengatur keuangan memang bukan perkara gampang, namun sebagai wanita yang mengurus pekerjaan rumah tangga mau tidak mau hal ini diharuskan menjadi sebuah keahlian. Tanpa adanya perencanaan keuangan yang baik kondisi keuangan bisa saja berantakan.

Jangankan yang bergaji pas-pasan, yang memiliki gaji tinggi saja bisa jadi tidak tahu kemana saja uang dibelanjakan jika tidak ada perencanaan dan pengaturan yang baik. Bersyukurlah berapapun uang yang kita miliki dan yakinlah bahwa uang tersebut cukup untuk kebutuhan Anda dan buat perencanaan pembelanjaan yang matang. Dengan bersyukur Anda tidak akan pernah merasa kurang. Tidak perlu membeli sesuatu yang Kita tidak butuh hanya karena Kita ingin hidup seperti orang lain sehingga Anda tidak akan pernah merasa kekurangan.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!