favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

Obat Batuk Kering Untuk Anak

   
Obat Batuk Kering Untuk Anak

Obat Batuk Kering Untuk Anak

Obat Batuk Kering Untuk Anak
Carawanita.net - Menyedikan obat batuk kering untuk anak perlu dilakukan sebab serangan batuk, apalagi batuk kering yang menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan, akan membuat anak mudah rewel, karena gangguan yang ditimbulkannya untuk ukuran anak balita memang sangat menyiksa.

Di apotek dan toko-toko obat sebenarnya banyak tersedia obat batuk kering untuk anak dengan berbagai merek. Namun, sebelum membeli dan memberikannya pada anak, sebaiknya meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu, sebab obat-obat tersebut belum tentu dapat menyembuhkan jika tidak sesuai dengan penyebab dari batuk.

Sebagaimana diketahui, batuk sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan reaksi alami dari tubuh sebagai bentuk dari mekanisme pertahanan tubuh dalam melindungi saluran pernapasan yang mengalami gangguan dengan cara mengeluarkan partikel-partikel asing seperti virus, bakteri, debu, sisa makanan, asap, dan juga lendir atau dahak.

Itu sebabnya untuk mendapatkan obat batuk kering untuk anak yang sesuai, terlebih dahulu harus diketahui penyebab dari serangan batuk tersebut.

Tips Memilih Obat Batuk Kering untuk Anak

Jika serangan batuk tersebut disebabkan karena penyakit ringan, seperti influenza misalnya, obat-obat yang dijual bebas di apotek dan toko-toko mungkin bisa dijadikan sebagai solusi pengobatan.

Tapi jika disebabkan karena penyakit berat pada infeksi saluran seperti asma, TBC, alergi serta penyakit berat yang lain, obat-obat batuk tersebut tidak akan mampu menyembuhkan.

Untuk mengatasi batuk kering pada anak yang disebabkan penyakit ringanpun disarankan untuk tidak menggunakan obat-obat berbahan kimia, karena sesedikit apapun bahan kimia yang terdapat pada obat, dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh anak yang kondisinya masih lemah.

Karena itu manfaatkan herbal dan ramuan alami sebagai obat batuk kering untuk anak. Terlebih bahan alami yang dapat dimanfaatkan jenisnya cukup beragam dan pemanfaatannya juga cukup mudah.

Obat Batuk Kering untuk Anak dengan Bahan Alami

Salah satu diantara obat batuk kering untuk anak yang terbuat dari bahan alami adalah dengan memanfaatkan daun sirih, jeruk nipis dan jahe. Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus 5 lembar daun siri bersama 2 gelas air.

Biarkan rebusan tersebut hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu dinginkan dan saring. Tambahkan jahe yang telah di diiris tipis-tipis atau dimemarkan ke dalam air rebusan, tambahkan pula air jeruk nipis secukupnya dan minumkan pada anak minimal sehari sekali.

Herbal lainnya untuk obat batuk kering anak adalah dengan memanfatkan jahe dan kencur. Penggunaannya dengan mememarkan atau mengiris tipis-tipis kedua rempah-rempah tersebut dan mencampurnya dengan air mendidih. Aduk hingga merata dan biarkan beberapa saat hingga air menjadi dingin. Selanjutnya berikan kepada anak untuk diminum sehari 3 kali.

Bagi anak yang masih berusia 1 – 2 tahun, kedua ramuan tersebut di atas tentunya sulit untuk diberikan, sebab rasanya sangat tidak bersahabat bagi lidah anak-anak. Karena itu gunakan obat batuk kering untuk anak yang masih berumur 1 - 2 tahun lainnya yang rasanya disukai oleh mereka sehingga mudah diberikan dan dikonsumsi tanpa harus dipaksa.

Obat batuk yang dimaksud adalah madu. Cairan yang dihasilkan lebah ini mengandung antioksidan yang dapat membunuh virus dan bakteri, sekaligus menghangatkan badan. Selain itu, kandungan nutrisi madu yang lengkap akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari serangan penyakit serta menyembuhkan penyakit yang menyerang. Untuk anak berusia 1 tahun takaran madu yang diberikan sebanyak ½ sendok teh dan diberikan sehari 2 kali.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!