favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

Tips Mengelola Uang Suami Agar Tidak Boros

   
Tips Mengelola Uang Suami Agar Tidak Boros

Tips Mengelola Uang Suami Agar Tidak Boros

Tips Mengelola Uang Suami Agar Tidak Boros
Mengelola keuangan memang bukan perkara yang mudah, namun jika dipelajari ternyata cukup mudah. Pintar mengelola keuangan adalah salah satu kriteria istri idaman. Banyak suami yang merasa kesulitan mengatur uang sehingga mereka butuh seorang istri yang dapat membantu mengatur pengeluaran bulanan. Berikut beberapa tips mengelola uang suami agar tidak boros dan tidak cepat habis untuk hal-hal yang kurang penting.

1. Memasak

Meskipun tidak bisa memasak, cobalah untuk belajar memasak hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Selain dapat merekatkan hubungan suami istri, memasak untuk suami juga bisa membantu menghemat keuangan keluarga. Memasak jauh lebih hemat daripada jajan diluar. Selain itu masak menu sekali bisa dimakan sampai tiga kali dalam sehari sehingga Anda sudah tidak perlu jajan lagi. Selain makanan utama Anda juga bisa membuat beberapa camilan sehingga keluarga Anda tidak tergoda jajan diluar. Jika ada lebihan makanan buatan Anda pun bisa dibagikan kepada tetangga dan memelihara hubungan baik dengan mereka. Anda juga bisa membawakan bekal untuk suami dan anak agar mereka pun tidak jajan saat bekerja atau sekolah.

2. Buat Peraturan

Berhematlah dalam segala hal termasuk dalam hal terkecil seperti memakai sabun cuci piring. Buatlah peraturan dalam menggunakan bahan-bahan dan peralatan rumah tangga. Contohnya dengan mematikan lampu kamar mandi setelah digunakan. Matikan AC atau TV saat tidak digunakan dan batasi penggunaan peralatan listrik pada jam tertentu. Anda bisa membuat peraturan dengan anak seperti menonton tv hanya di siang hari saja. Selain dapat menghemat listri terlalu banyak menonton tv pun tidak baik untuk pertumbuhan anak. Salah satu tips mengelola uang suami ini bisa didiskusikan dulu dengan pasangan mengenai peraturan apa saja yang bisa diterapkan di rumah.

3. Jangan Berhutang

Hutang adalah beban yang menyusahkan. Hutang membuat Anda gelisah dan tidak bisa tidur. Hutang juga bisa merusak hubungan saudara atau teman. Selain itu hutang juga bisa merusak hubungan Anda dengan suami jika kalian terus menerus berdebat dan menyalahkan satu sama lain karena sudah berhutang dan sulit membayar. Kartu kredit adalah salah satu sumber masalah yang menimbulkan hutang. Saking mudahnya menggunakan kartu kredit terkadang para istri bisa seenenaknya membeli barang-barang yang mereka inginkan meskipun tidak dibutuhkan. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari berhutang agar kondisi keuangan Andatetap sehat. Jika Anda memiliki kartu kredit, bawalah uang cash dan jangan pernah membawa kartu kredit keluar rumah terlebih saat berbelanja.

4. Beli Barang Second

Apaila Anda diharuskan membeli sebuah barang baru karena barang yang lama sudah rusak dan harus diganti, contohnya ponsel, maka pilihlah barang second yang masih bagus agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Hal ini pun berlaku pada beberapa jenis barang lain seperti mobil, motor, dan alat-alat elektronik. Dengan membeli barang bekas Anda sudah menghindarkan diri Anda dari hutang yaitu cicilan barang-barang tersebut. Pilihlah barang bekas berkualitas yangmasih layak dipakai agar Anda tetap mendapatkan manfaat dari barang tersebut tanpa harus menggunakan yang baru.

5. Batasi Belanja

Hindari sering-sering berbelanja yang biasanya hanya berujung pada membeli hal-hal yang kurang penting. Belanjalah sebulan sekali dan tulis semua kebutuhan yang harus dibeli. Jangan membeli apapun yang tidak ada dalam daftar belanja. Jangan terpengaruh dengan diskon-diskon yangAnda temui karena membeli barang diskon pun merupakan sebuah pemborosan apabila Anda tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.

Meskipun berhemat adalah kunci kesuksesan dalam mengelola uang suami, namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan yang tersebut untuk kebutuhan lain selain kebutuhan primer. Anda tetap bisa makan diluar bersama keluarga namun jangan terlalu sering. Buatlah jadwal seminggu sekali atau tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Gunakanlah yang Anda dengan bijak dan teliti agar Anda tahu kemana saja uang tersebut digunakan. Sisihkan sedikit untuk tabungan jika memang diperlukan sepeti tabungan pendidikan untuk anak. Pastikan untuk selalu berhemat tanpa menjadi pelit. Itulah beberapa tips mengelola uang suami yang bisa coba dilakukan oleh para istri.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!