favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

5 Tips Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda

   
5 Tips Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda

5 Tips Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda

5 Tips Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda
Carawanita.net - Banyak dari kita mencari cara untuk tetap awet muda, dan meskipun kita tidak bisa menghentikan waktu, Anda dapat melawan tanda-tanda penuaan dan proses penuaan dengan beberapa gerakan bijak. Berikut ini, 5 tips yang akan membantu Anda untuk terlihat  awet muda dan merasa lebih muda lebih lama.

1. Gunakan otak

Meskipun otak bukan otot, pepatah lama 'gunakan atau hilangkan' masih berlaku. Pemindaian otak menunjukkan bahwa ketika orang menggunakan otak mereka dengan cara yang tidak biasa, lebih banyak darah mengalir ke berbagai area otak, dan jalur saraf baru terbentuk. Dalam sebuah penelitian di jurnal Nature pada 2004, anak-anak muda diajari cara menyulap. Setelah tiga bulan, scan MRI menunjukkan pembesaran materi abu-abu di otak mereka, bagian yang bertanggung jawab untuk fungsi mental yang lebih tinggi.

Ketika peserta dalam penelitian berhenti juggling, otak mereka menyusut lagi, menunjukkan bahwa kita perlu menjaga otak kita tetap aktif untuk menjaga kelincahan dan fungsi mental. Jadi, apakah itu teka-teki silang, Sudoku atau gelar universitas, mencoba memberikan tantangan pada otak Anda setiap hari dan Anda akan lebih cenderung menjaga kecantikan Anda! Juga, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa partisipasi yang lebih sering dalam kegiatan stimulasi mental dapat menyebabkan pengurangan risiko penyakit Alzheimer.

2. Bersosialisasi 

Menurut penelitian pemerintah AS, isolasi sosial adalah prediktor penurunan fungsi mental pada usia yang lebih tua. Para ahli percaya ini mungkin karena tidak menggunakan berbagai keterampilan komunikasi. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjadi bagian dari kelompok  atau komunitas, lebih sehat dari pada orang yang sendirian ketika mereka lebih tua, dan bahwa semakin luas rentang hubungan (keluarga, teman, pekerjaan, dan sebagainya) seseorang memiliki, semakin sedikit penurunan kognitif yang akan mereka alami dengan penuaan.

Jadi, selain mengerjakan teka-teki silang pada kesepian Anda, luangkan waktu dalam hidup Anda untuk kegiatan bersama, dan pastikan Anda menghabiskan waktu dengan sebanyak mungkin orang. 

3. Konsumsi ikan berminyak

Ikan berminyak seperti salmon, mackerel, herring dan tuna adalah sumber terbaik asam lemak esensial omega-3, yang telah ditemukan melindungi terhadap penyakit kardiovaskular (terutama dalam kombinasi dengan statin), diabetes tipe II dan rheumatoid arthritis. Selain itu, Omega-3 diyakini membantu kulit tetap elastis dan terhidrasi, yang berarti keriput lebih kecil kemungkinannya muncul. Namun manfaat omega-3 tidak hanya sebatas kulit saja!

Penelitian oleh Rush University di Chicago pada 2005 menemukan bahwa makan ikan berminyak dapat memperlambat penurunan mental yang terkait dengan penuaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berminyak setidaknya sekali seminggu dapat memperlambat laju penurunan kognitif sebesar 10 hingga 13 persen per tahun.

4. Jaga kesehatan kulit

Ada dua faktor yang mempengaruhi cara kita menua: faktor intrinsik, yaitu disebabkan oleh gen yang kita warisi, dan faktor ekstrinsik (eksternal atau lingkungan), seperti paparan sinar matahari dan merokok. Ini adalah area di mana Anda dapat mengambil tindakan. Jika Anda merokok, berhentilah - dan jika Anda tidak mengenakan faktor perlindungan matahari pada kulit Anda, mulailah! Tanpa perlindungan dari sinar matahari, paparan harian dapat menambah hingga menyebabkan perubahan nyata dan kerusakan pada kulit, seperti bintik-bintik, kendor karena penuaan, dan kerutan-kerutan halus.

Sebuah penelitian tahun 2002 menunjukkan bahwa kerutan wajah yang belum terlihat dengan mata telanjang dapat dilihat di bawah mikroskop pada perokok berumur 20 tahun. Merokok  menyebabkan perubahan biokimiawi dalam tubuh kita yang mempercepat penuaan. Seseorang yang merokok 10 batang atau lebih sehari selama minimal 10 tahun secara statistik lebih mungkin untuk membuat kulit yang keriput dan kasar daripada yang bukan perokok.

5. Percaya diri

Selain aktif secara fisik, mental, dan sosial, dan perawatan kulit teratur, Anda juga harus  percaya diri dalam artian postif. Percaya diri memberi Anda energi positif, dengan tetap percaya diri dan selalu tersenyum akan membuat Anda terlihat lebih segar dan bercahaya. Hal itu jugalah yang membuat Anda terlihat awet muda.

Dengan melakukan 5 tips tersebut maka anda akan terhindar dari penua'an dini, di tambah anda juga harus menjalankan kehidupan yang sehat seperti banyak makan buah - buahan dan sayuran, pola tidur yang teratur, olahraga yang teratur dan melakukan perawatan pada wajah anda.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!