favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Air Beras Alami Untuk Kecantikan

   
Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Air Beras Alami Untuk Kecantikan

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Air Beras Alami Untuk Kecantikan

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Air Beras Alami Untuk Kecantikan
Carawanita.net - Air beras merupakan air pati yang tersisa dari pencucian beras sebelum atau setelah dimasak.
Populer di Asia, ini adalah toner kulit alami yang meningkatkan pertumbuhan sel,merangsang aliran dan menjaga kulit tetap halus dan cerah.

Di antara manfaat lainnya, mengandung vitamin yang membantu mengurangi pigmentasi kulit gelap, mineral yang mengencangkan pori-pori terbuka kulit dan memiliki asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah dan segar.

Air beras juga mengandung asam ferulic, antioksidan kekuatan dan allantois yang mengandung sifat anti-inflamasi.Di bawah ini adalah tujuh manfaat air beras alami untuk kecantikan jika menggunakannya secara teratur.

1. Mencegah dan menghilangkan jerawat dan dermatitis

Secara alami, air beras menenangkan peradangan kulit, ruam dan masalah kulit lainnya.
Menurut sebuah studi tahun 2002 dari Departemen Toksikologi di Vrije University di Brussels, Belgia menemukan bahwa pasien yang menderita dermatitis atopik dapat memperbaiki kondisi dengan mandi dalam air beras setidaknya selama 15 menit dua kali sehari.

Air beras juga menyembuhkan jerawat dan menenangkan kemerahan yang ditimbukan jerawat, karena bertindak sebagai zat pada kulit dengan mengencangkan pori-pori. Dianjurkan untuk mendinginkan air kemudian menerapkannya pada wajah menggunakan kapas.Kemudian, diamkan setidaknya 10 menit dan bilas dengan air.

2. Mengobati kulit yang rusak dan mengalami penuaan dini

Ini membantu untuk menghilangkan bintik-bintik usia gelap dan untuk meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan seperti sinar matahari dan penuaan.

Air beras alami juga menghaluskan tekstur kulit, mengatasi hiperpigmentasi, mengencangkan kulit, mengurangi ukuran pori-pori dan meninggalkan porselen yang lembut seperti hasil akhir untuk wajah.

3. Pembersih wajah

Ini bisa Anda dapatkan dengan mencelupkan kapas ke dalam air beras  dan memijatnya dengan lembut selama dua menit dan membiarkannya mengering. Penggunaannya yang teratur membuat wajah kenyal, lembut, kencang dan bercahaya.Ini juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu merevitalisasi kulit dan membuatnya tetap halus dan cerah.

4. Melembutkan dan membuat rambut tumbuh sehat

Air beras membantu mencegah kusut dan meningkatkan elastisitas rambut.Menurut International Journal of Cosmetic Science, para peneliti menemukan bahwa menggunakan air beras sebagai perawatan rambut menawarkan manfaat signifikan seperti mengurangi gesekan permukaan dan meningkatkan massa rambut.Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, bilas rambut Anda dengan air beras untuk menambahkan kilau padanya dan juga membuatnya kuat, sehat, dan tumbuh lebih lama.

5. Kondisioner rambut

Ini bisa Anda dapatkan dengan menambahkan minyak esensial rosemary, lavender atau geranium ke air beras dan oleskan pada rambut.Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan. Ini penting karena kaya akan asam amino yang akan meningkatkan volume dan kekuatan rambut. Ini juga menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala karena tidak memiliki bahan kimia atau pengawet.

6. Membuat terlihat awet muda

Sebuah studi mengevaluasi efek formulasi gel yang mengandung air beras pada kulit manusia. Penelitian ini melibatkan 12 sukarelawan yang menggunakan formulasi selama 28 hari. Ditemukan bahwa air beras sarat dengan antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, ini bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan, dan tentunya bisa membuat anda terlihat awet muda.

Air beras terasa menyejukkan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Banyak orang merasa sangat bermanfaat untuk mengobati gejala terbakar matahari ringan, seperti kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal.

7. Menyegarkan kulit

Ketika diterapkan pada kulit, air beras bertepung juga memiliki efek pengetatan dan pengencangan. Air beras ini bisa sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kulit berminyak.

Ada bukti terbatas yang mendukung efek air beras pada kulit. Namun, karena tidak mengandung bahan kimia dan cocok untuk semua jenis kulit, maka tidak ada salahnya Anda mencobanya. Jika Anda ingin mencobanya, ini pun juga cukup mudah. Jangan buang air bekas cuci beras Anda, manfaatkan itu untuk kecantikan dan perawatan kulit secara alami, tanpa efek samping mengerikan seperti produk kimia lainnya.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!