favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

5 Tempat yang Bisa Dituju Saat Butuh Dana untuk Membuka Usaha

   
5 Tempat yang Bisa Dituju Saat Butuh Dana untuk Membuka Usaha

5 Tempat yang Bisa Dituju Saat Butuh Dana untuk Membuka Usaha

5 Tempat yang Bisa Dituju Saat Butuh Dana untuk Membuka Usaha
Carawanita.net - Ide saja terkadang tidak cukup untuk membuka sebuah usaha, karena usaha seringkali hanya bisa dibangun dengan dukungan dana. Agar bisa memperoleh dana untuk usaha itulah, terkadang kita dibuat bingung karena tidak tahu harus mencari darimana dengan dengan cara apa.

5 Tempat yang Bisa Dituju Saat Butuh Dana untuk Membuka Usaha
Jika hal tersebut yang menjadi persoalan, 5 tempat berikut ini bisa dijadikan alternatif saat Anda membutuhkan dana.

1. Pinjam di Tempat Kerja
Jika Anda seorang pegawai di sebuah instansi atau karyawan tetap sebuah perusahaan, Anda dapat mengajukan pinjaman kepada bendahara instansi atau divisi keuangan perusahaan dengan mengajukan surat permohonan pinjaman.

Tidak perlu merasa malu untuk melakukan cara ini saat butuh dana untuk usaha, karena sebagai pegawai atau karyawan Anda memiliki hak untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh instansi atau perusahaan dan salah satu fasilitas tersebut adalah meminjam uang pada saat membutuhkan.

Untuk memanfaatkan fasilitas ini Anda tidak perlu menyertakan jaminan karena jaminannya adalah status pegawai. Pada umumnya instansi/perusahaan juga tidak menerapkan bunga dengan sistem pembayaran dalam bentuk pemotongan gaji setiap bulannya.

2. Tarik Tunai Kartu Kredit
Bagi pemilik Kartu Kredit, solusi paling mudah adalah dengan menarik tunai dari Kartu Kredit. Hanya saja bunga yang dikenakan memang cukup tinggi meski tidak setinggi bunga yang diberlakukan para rentenir.

Cara menyiasati agar tidak terkena bunga yang tinggi adalah dengan berkomitmen membayar tarik tunai tersebut sebelum lewat bulan, sehingga Anda hanya dikenai biaya administrasi sekitar 2 – 3 persen dari nilai uang yang ditarik. Misalnya Anda melakukan tarik tunai  sebesar Rp.3 juta, maka total pinjaman yang harus Anda bayar pada bulan depan sebesar Rp.3.090.000. 

3. Pinjam di Koperasi
Saat butuh dana untuk usaha, meminjam uang di KSP (Koperasi Simpan Pinjam) juga bisa dijadikan sebagai alternatif. KSP ini dapat dengan mudah ditemui di hampir semua tempat bahkan di pelosok-pelosok pedesaan. 

Hanya saja, Anda mesti berhati-hati dalam memilih KSP, sebab banyak lembaga keuangan pemberi pinjaman berkedok KSP dengan sistem kerja layaknya rentenir yang menerapkan bunga tinggi bahkan sampai 10%.

KSP yang memiliki reputasi baik dengan sistem  kerja yang mengikuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, pada umumnya tidak gegabah dalam memberikan pinjaman. Mereka yang meminjam dengan nilai tinggi harus menyertakan jaminan yang senilai. Sedang KSP ‘abal-abal’ cukup dengan jaminan e-KTP sudah bisa memperoleh pinjaman.

4. Pegadaian
Pegadaian bisa menjadi salah satu tempat yang dituju saat butuh dana untuk usaha. Agar bisa memperoleh pinjaman di pegadaian Anda harus menjaminkan barang yang senilai dan nilai dari barang tersebut akan ditaksir oleh petugas. 

Meminjam uang lewat pegadaian bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif, karena kisaran bunga pinjaman yang berlaku di pegadaian relatif kecil yaitu sekitar 0,75%  - 1,15% perbulan. Tenor yang berlakupun relatif cukup panjang yaitu selama 120 hari. Itupun dapat diperpanjang dengan cara menebus barang untuk kemudian digadaikan lagi.

5. Bank
Jika Anda butuh dana untuk usaha dalam jumlah besar, solusi terbaik adalah pinjam  melalui bank, karena bunga yang ditawarkan bank cukup kompetitif serta memiliki tenor yang panjang. 

Pada umumnya bank memiliki dua pilihan bagi mereka yang mengajukan kredit, yaitu KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang tidak membutuhkan jaminan serta kredit multiguna yang mengharuskan adanya jaminan. 

Meski bank merupakan lembaga yang dapat memberikan pinjaman dalam jumlah paling besar, namun proses meminjam uang di bank relatif lebih lama dibandingkan dengan lembaga keuangan atau tempat lainnya.

Itulah 5 tempat yang bisa dituju saat butuh dana untuk usaha.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!