favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

4 Cara Menjalankan Bisnis dengan Modal Pas-pasan

   
4 Cara Menjalankan Bisnis dengan Modal Pas-pasan

4 Cara Menjalankan Bisnis dengan Modal Pas-pasan

4 Cara Menjalankan Bisnis dengan Modal Pas-pasan
Carawanita.net - Modal finansial memang sangat dibutuhkan dalam membuka bisnis. Namun demikian besarnya modal bukan sebuah jaminan bagi sebuah bisnis untuk dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Itu sebabnya, cara menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan perlu untuk diketahui.

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas namun memiliki tekad untuk membuka usaha, berikut beberapa tips tentang cara menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan.

1. Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan

Tidak berbeda halnya dengan memilih pekerjaan, dalam membangun bisnis pun harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Jika tidak, bisnis yang ditekuni tersebut nantinya akan menjadi beban saat dijalankan dan Anda akan sulit untuk berkreasi dan berinovasi karena tidak bisa menikmati aktifitas bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, jika bisnis yang dibangun tidak sesuai dengan kemampuan akan membuat Anda butuh konsultan agar dapat mengelolanya dengan baik. Karena harus menyewa konsultan sudah tentu ada cost yang harus dikeluarkan.

2. Kreatif dan Bekerja Keras 

Cara menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan harus dibarengi dengan kreatifitas dan bekerja keras. Sebab hanya dengan cara itulah Anda dapat menangani berbagai jenis pekerjaan tanpa harus mengandalkan pegawai atau karyawan yang harus digaji dan tentunya menyedot anggaran.

Disamping itu, dengan kreatifitas dan bekerja keras Anda akan dapat berkreasi guna menyiasati keterbatasan anggaran dan meningkatkan produktifitas usaha.

3. Terus Menerus Berpromosi

Strategi promosi yang tepat dan berkesinambungan menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun usaha. Tidak terkecuali usaha yang didirikan dengan modal terbatas. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran, maka harus pandai dalam memilah dan memilih jenis promosi yang digunakan. Agar anggaran promosi dapat ditekan seminim mungkin dengan hasil yang maksimal.

Banyak cara yang dapat dipakai untuk mempromosikan produk/jasa. Namun cara termurah bahkan gratis yang diyakini paling ampuh dalam mengkampanyekan produk dan jasa adalah power of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Untuk bisa menjalankan strategi ini sudah barang tentu Anda harus aktif berinteraksi dengan konsumen secara lanagsung atau dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti sosial media, email bisnis maupun website.

Satu lagi yang penting untuk diperhatikan adalah memberikan kepuasan kepada konsumen.  Karena hanya para konsumen yang puas, nantinya yang akan mengkampanyekan produk/jasa Anda kepada orang-orang yang mereka kenal lewat obrolan dari mulut ke mulut.

4. Yakin dan Tenang

Jangan merasa cemas apalagi stress meski bisnis yang Anda menjalankan bermodal pas-pasan. Karena rasa cemas dan stress justru berpengaruh pada menurunnya kreatifitas dan produktifitas kerja.

Tetap tenang dan yakin bahwa “kerja tidak akan mengkhianati hasil”. Selama Anda terus bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis, maka buah dari kerja keras tersebut akan dapat Anda nikmati pada waktunya.

Itulah 4 cara menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan yang bisa dijadikan pedoman oleh mereka yang memiliki tekad kuat untuk membuka usaha namun terbentur oleh kondisi finansial yang terbatas.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!