favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

4 Cara Mengatasi Ketombe Berkerak dengan Bahan- bahan Alami

   
4 Cara Mengatasi Ketombe Berkerak dengan Bahan- bahan Alami

4 Cara Mengatasi Ketombe Berkerak dengan Bahan- bahan Alami

4 Cara Mengatasi Ketombe Berkerak dengan Bahan- bahan Alami
Carawanita.net - Cara mengatasi ketombe selama ini sering dilakukan dengan menggunakan shampoo, utamanya yang mengandung zat anti-jamur dan anti-bakteri seperti pyrithione seng, zat yang dapat mengurangi penyebab ketombe seperti selenium sulfida dan zat yang mengandung tar untuk mengurangi pengelupasan sel kulit kepala.

Namun ada sebagian orang yang memiliki kulit kepala sensitif terhadap zat-zat yang terkandung dalam shampo anti-ketombe. Mereka yang memiliki kulit kepala sensitif inilah disarankan untuk memanfaatkan bahan-bahan alami dalam mengatasi ketombe.

Berikut cara mengatasi ketombe dengan menggunakan bahan alami:

1. Yogurt dan Lemon

Campuran yogurt dengan air perasan jeruk lemon sudah pasti akan menimbulkan aroma yang menyengat. Tapi kombinasi dari kedua bahan ini merupakan cara mengatasi ketombe yang efektif karena mengandung citric acid dan probiotik yang sangat efekti untuk mengusir ketombe. Jadi kesampingkan dulu bau yang menyengat jika ingin mendapatkan kulit kepala yang sehat.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampur yogurt dengan air lemon, dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan kombinasi kedua bahan tersebut pada rambut dan seluruh permukaan kepala sambil disertai dengan pijitan ringan. Biarkan selama 10 - 15 menit, dan bersihkan rambut dengan menggunakan shampo untuk mengusir bau yang menyengat. Cara  ini jika diaplikasikan 3 – 4 kali dalam seminggu, akan membuat ketombe berkerak pada kepala lenyap tak berbelas.

2. Baking Soda dan Lemon

Selain sebagai bahan pembuat roti, baking soda juga ampuh untuk mengatasi ketombe berkerak, karena mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membasmi berbagai jenis jamur yang menjadi penyebab ketombe pada kulit kepala.

Untuk pemanfaatannya, dilakukan dengan mencampur 3 sendok makan baking soda dengan 3 sendok makan air perasan lemon. Aduk campuran kedua bahan tersebut hingga rata, dan oleskan pada rambut serta seluruh permukaan kulit kepala sambil disertai dengan pijatan ringan. Biarkan sekitar 20 menit, dan bilas dengan menggunakan air.

3. Cuka Apel dan Pisang

Cara mengatasi ketombe dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel yang dikombinasikan dengan buah pisang. Caranya adalah dengan menghaluskan satu buah pisang hingga benar-benar lembut, kemudian tambahkan 2 cangkir cuka apel, dan diaduk hingga membentuk adonan halus.

Gunakan adonan tersebut untuk keramas, sambil melakukan pijatan-pijatan ringan, agar nutrisi yang terkandung pada kedua bahan tersebut dapat merasuk melalui pori-pori kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, dan bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Tree Tea Oil

Minyak pohon teh atau tree tea oil yang berasal dari Australia ini lebih populer sebagai kosmetik untuk perawatan kulit tubuh, meskipun sebenarnya juga sangat ampuh untuk mengatasi ketombe membandel pada kulit kepala.

Hal tersebut disebabkan karena tree tea oil memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meresap ke dalam kulit kepala serta mengatasi berbagai macam persoalan yang menjadi penyebab terjadinya ketombe.

Cara mengatasi ketombe dengan menggunakan tree tea oil dilakukan dengan mencampurkan beberapa tes ke dalam shampoo dan menggunakannya untuk keramas sebagaimana biasa. Biarkan busa shampo yang bercampur minyak pohon teh ini selama beberapa saat menempel pada kepala, baru kemudian dibilas sampai bersih dengan menggunakan air.

Demikian empat cara mengatasi ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

⚡ Trending!